PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA TAHUN 2019-2022

Julfitri, Shinta (2023) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA TAHUN 2019-2022. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
A23 021 SHINTA JULFITRI_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
A23 021 SHINTA JULFITRI_watermark_removed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya Produksi (X1) terhadap Laba Bersih (Y), Pengaruh Biaya Promosi (X2) terhadap Laba Bersih (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kolerasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan selama tahun 2019-2022. Tekni pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh dari website www.idx.co.id.
Berdasarkan analisis statistik dapat disimpulkan bahwa secara parsial biaya produksi berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan yang diteliti, hal ini dibuktikan dengan t hitung sebesar 8,635 ≥ 2,028 merupakan t tabel dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 ≤ 0,05. Secara parsial biaya promosi tidak berpengaruh terhadap laba bersih, hal ini dibuktikan dengan t hitung sebesar 0,815 ≤ 2,028 merupakan t tabel dan nilai signifikansinya sebesar 0,421 ≥ 0,05. Secara simultan biaya produksi dan biaya promosi berpengaruh terhadap laba bersih, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 154,569 ≥ 3,27 merupakan F tabel dan signifikansinya sebesar 0,000 ≤ 0,05 merupakan taraf signifikansi. Hasil koefisien determinasi R2, nilai R2 diperoleh sebesar 0,904 atau 90,4%. Artinya, sekitar 90,4% variabel laba bersih dapat dijelaskan oleh variabel biaya produksi dan biaya promosi sedangkan sisanya 9,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian

Kata Kunci : Biaya Produksi (X1), Biaya Promosi (X2), dan Laba Bersih (Y).

Item Type: Thesis (skripsi)
Additional Information: julfitri0207
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Shinta Julfitri
Date Deposited: 09 Dec 2023 13:32
Last Modified: 13 May 2024 07:16
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item