PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK

Siska Lusia, Vanda (2022) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PE22 003 Vanda Siska Lusia.pdf

Download (484kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini, pembelajaran yang dilakukan disemester ganjil tahun pelajaran2020/2021 dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Permasalahan yang ditemukan bahwa siswa hanya sekedar mengambil absen saat proses pembelajaran berlangsung, tugas- tugas yang diberikan guru tidak dikerjakan oleh siswa, pada saat pembelajaran sebelumnya guru sudah mengingatkan siswa bahwa akan ada ulangan harian pada pertemuan berikutnya, akan tetapi siswa tidak mempersiapkan diri pada saat ulangan harian sehingga nilai yang diperoleh rendah ini memperlihatkan siswa kurang serius dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. siswa kurang mempunyai kemauan mempersiapkan paket data selama pembelajaran jarak jauh disebabkan karena paket data di pergunakan untuk bermain games, saat diberikan tugas diskusi kelompok, tidak semua siswa berperan aktif karena sebahagian materi kurang dipahami keterbatasan jarak rumah antar anggota kelompok diskusi yang berjauhan menyebabkan diskusi tidak berjalan dengan baik. Berdasarkan identifikasi dan batasan masalah di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut "Bagaimanakah pengaruh pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap motivasi belajar siswa pada Mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap motivasi belajar siswa pada Mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok.

Jenis penelitian adalah penelitian deskrtiptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok, yaitu sebanyak 388 orang siswa. Tekni pengambilan sampel penelitian ini mengguankan random sampling dengan penghitungan teknik slovin yang diambil dari siswa kelas VII di Smp Negeri 2 Kota Solok, yang berjumlah 80 orang. Teknik analisis adalah regresi linear sederhana sederhana.

Hasil penelitian menujukan bahawa pembelajaran jarak jauh mempunyai thitung sebesar 6,071 sedangkan nilai ttabel sebesar 1.664 hal ini bearti thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka keputusanya hipotesis yang digunakan diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan taraf a=0.1 sedangkan motivasi belajar 8,9%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat belajar, displin belajar yang tidak penulis kaji dalam penelitian ini.

Kata kunci: pembelajaran jarak jauh, motivasi belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:47
Last Modified: 04 Nov 2024 07:28
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item