PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN SOLOK

Oktavia, Diana (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
M24 065 DIANA OKTAVIA_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data primer populasi 161 orang, dengan Accidental sampling, menggunakan sampel sebanyak 42 orang yaitu Mahasiswa yang dating berkunjung ke Perpustakaan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok yang mana jumlah populasinya dalam satu bulan dari tanggal 1 bulan Mei 2024 sampai tnggal 31 bulan Mei 2024 sebanyak 161 pengunjung. Jumlah rata-rata pengunjung dengan 7 pengunjung perhari. Teknik analisis regresi berganda linier menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y). Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y = 60,147 +(0,314 (X1) + 0,359 (X2) +0,05. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) memiliki pengaruh sebesar 62,2% sedangkan sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Uji t menunjukkan bahwa KualitasPelayanan (X1) berpengaruh secara parsil dan signifikan terhadap variabel dependen dengan fhitung < ftabel. Sedangkan variabel Fasilitas (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel dependen (Y) dengan fhitung > ftabel . Dari uji f, Kualitas Pelayanan (X1) Fasilitas (X2) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap variabel dependen, yaitu Kepuasan Mahasiswa (Y), nilai fhitung > ftabel (10,387 > 3,29) dan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitass, Kepuasan Mahasiswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Manajemen > Manajemen (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:27
Last Modified: 24 Jan 2025 07:27
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item