PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok)

May Yola Adinda, Tri (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
A24 029 TRI MAYOLA ADINDA_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada seluruh mahasiswa aktif program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahaputa Muhammad Yamin TA. 2023/2024 yang telah/sedang mempelajari Teori Akuntansi dan Akuntansi keperilakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan total sampling yaitu 60 orang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan uji t hitung 3,134 > t tabel 1,679 dan signifikansi 0,003 < 0,05. Perilaku belajar secara parsial tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan uji t hitung 0,797 < t tabel 0,1809 dan signifikansi 0,429 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan perilaku belajar secara simultan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan F uji 9,645 > F tabel 3,156 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Pemahaman Akuntansi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:58
Last Modified: 20 Jan 2025 02:58
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item