KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SISWA KELAS VII SMPN 4 KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Latifa, Syima (2024) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SISWA KELAS VII SMPN 4 KUBUNG KABUPATEN SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PBI24 003 SYIMA LATIFA_.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks prosedur siswa dalam kegiatan pembelajaran (P5). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti temukan, dalam laporan kegiatan pembelajaran P5 terdapat prosedur atau tatacara dalam pengerjaan suatu projek. Oleh karena itu peneliti ingin melihat bagaimana kemampuan menulis teks prosedur siswa setelah siswa mengerjakan sendiri sebuah kegiatan, kemudian menuangkannya ke dalam bentuk bahasa tulis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kubung Kabupaten Solok kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil unjuk kerja siswa yaitu menuliskan teks prosedur dalam kegiatan pembelajaran P5 sesuai dengan struktur serta ciri kebahasaan teks prosedur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) peneliti menjelaskan mengenai penulisan teks prosedur berdasarkan struktur dan ciri kebahasaannya kepada siswa. (2) peneliti memberikan contoh teks prosedur yang benar sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya. (3) peneliti memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai teks prosedur yang akan dituliskan. (4) peneliti mengintruksikan kepada siswa untuk menuliskan teks prosedur sesuai dengan yang telah dipraktekkan pada kegiatan P5 kearifan lokal “membatik” (5) peneliti mengumpulkan teks prosedur siswa yang telah selesai dituliskan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan menulis teks prosedur dalam pembelajaran P5 sesuai struktur teks prosedur adalah 93,35 dengan kualifikasi baik sekali serta kaidah kebahasaan 83,9 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan dalam bab IV kemampuan menulis teks prosedur dalam kegiatan pembelajaran (P5) siswa kelas VII SMPN 4 Kubung Kabupaten Solok memperoleh rata-rata 88,67 dengan kualifikasi baik sekali.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Pembelajaran P5, Teks Prosedur

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:02
Last Modified: 13 Jan 2025 04:02
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item