Susriyani, Miza (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN KOPI DI KOPERASI PRODUSEN SOLOK SIRUKAM SEPAKAT NAGARI SIRUKAM KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KABUPATEN SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
Agri24 012 MIZA SUSRIYANI_.pdf Download (727kB) |
Abstract
Kopi merupakan komoditas perkebunan unggulan memiliki peran yang sangat penting baik sebagai sumber perolehan devisa maupun sebagai sumber penghidupan bagi petani yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,kopi akan bernilai jual tinggi apabila kopi tersebut di jual dalam bentuk sudah di olah Penelitian tentang Strategi pengembagang usaha pengolahan kopi di Koperasi Produsen Solok Sirukam Sepakat Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok ini dilaksanakan untuk menentukan apa yang menjadi kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman, serta untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pengolahan kopi di Koperasi Produsen Solok Sirukam Sepakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode studi kasus (case study), dengan metode analisis data yang di gunakan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah pengurus koperasi, pemasok/produsen, pedagang, konsumen serta karyawan koperasi produsen solok sirukam sepakat, dengan metode pengambilan sampel yang di gunakan yaitu sampling jenuh, di mana semua populasi di jadikan sampel. Analisis data menggunakan teknik analisis SWOT (stregh, weakness, opportunities, threat) dan QSPM (quantitative strategic planning matrix). Hasil, penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tertinggi yang dimiliki koperasi produsen solok sirukam sepakat yaitu produk tahan lama dengan skor (0,48) dan kelemahan terbesar yaitu ruang penjemuran masih sederhana dan belum memnggunakan teknologi dengan skor ( 0,48), peluang tertinggi yaitu permintaan pasar yang cukup tinggi (0,48) serta ancama paling besar yakni kenaikan harga bahan baku dengan skor (0,48). Strategi alternatif yang dapat di gunakan oleh Koperasi Produsen Solok Sirukam Sepakat dalam mengembangkan usahnya yakni membumingkan brand produk di media sosial dan bazar-bazar sehinnga produk menjadi terkenal serta terbukanya pasar keluar daerah.
Kata kunci : Strategi, Kopi, koperasi
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > Pertanian > agribisnis |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:47 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2155 |
Actions (login required)
View Item |