ANALISIS SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KUBUNG

Yuherlin, Dina (2023) ANALISIS SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KUBUNG. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PE23 010 DINA YUHERLIN_.pdf

Download (702kB)

Abstract

Secara garis besar ada tiga komponen utama yang menjadi bagian penting dalam pelaksanaan AN (Assesmen Nasional) ini, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar, kesemuanya mempunyai peranan berbeda namun saling terkait. Survei Lingkungan Belajar (SLB) merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN). Survei lingkungan belajar berarti menggali informasi mengenai kualitas proses pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran, namun pertanyaan akan disesuaikan dengan perspektif respondennya. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kubung. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian berupa angket yang bersumber dari Kemdikbud secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80,83% setuju dengan guru memperlakukan siswa secara sama terlepas mereka berasal dari latar belakang budaya, ras, etnis, agama yang berbeda. 75,95% setuju dengan guru memberikan bantuan, tidak menunjuk siswa yang paling berbeda, siswa dapat bertanya, mengucapkan selamat hari raya keagamaan, dan memberikan kesempatan yang sama kepada siswa. 91,66% siswa jarang mengalami ancaman, panggilan dengan sebutan yang menghina, ejekan penampilan, ditertawakan, digosipkan dan dijelekjelekkan. 97,26% guru jarang memanggil siswa dengan panggilan yang menunjukkan kelemahannya, membicarakan siswa, mengancam siswa, membentak siswa. 95,59% siswa jarang merasa tidak mampu, malu, tidak percaya diri, enggan berteman dan merasa tertekan. 84,67% artinya setuju sekolah tempat yang menyenangkan, guru-guru di sekolah menyenangkan, peduli dan nyaman. 83,09% guru setuju menerima kondisi siswa, peduli, dan menghargai siswa.

Kata kunci : analisis, survei, dan Lingkungan Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:50
Last Modified: 05 Dec 2024 07:50
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item