Suryani, Irma (2024) STUDI FENOMENOGRAFI KETERTARIKAN DAN MOTIVASI SANTRI WUSTHA PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PB24 004 IRMA SURYANI_.pdf Download (841kB) |
Abstract
Proses pembelajaran di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum ada beberapa kendala yaitu, kurangnya ketertarikan dan motivasi santri untuk belajar, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan, setiap guru yang masuk selalu memberikan catatan kepada santri, santri yang kurang antusias dan kurang aktif saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui fenomenografi ketertarikan dan motivasi santri wustha pondok pesantren raudhatul ulum kelas VII pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenografi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, pedoman wawancara tertulis, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian, 12 dari 20 santri atau rata-rata 60% santri memiliki ketertarikan dan motivasi pada pembelajaran IPA. Sedangkan 8 dari 20 santri atau rata-rata 40% santri tidak memiliki ketertarikan dan motivasi pada pembelajaran IPA. Dapat disimpulkan bahwa fenomena ketertarikan dan motivasi santri wustha Pondok Pesantren Raudhatul Ulum kelas VII pada pembelajaran IPA lebih tinggi dari yang tidak tertarik dan tidak memiliki motivasi.
Kata kunci: Ketertarikan, Motivasi, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:39 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:39 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2126 |
Actions (login required)
View Item |