Pratama Putri, Anisa (2024) PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DISERTAI MODIFIKASI LAGU SUMATERA BARAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 LEMBANG JAYA. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PB24 003 Anisa Pratama Putri_.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPA, sebagian siswa nilainya masih di bawah KKTP, kesulitan dalam menghafal istilah latin, kurangnya variasi model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Auditory Intellectually Repetition (AIR) yang disertai dengan modifikasi lagu daerah Sumatera Barat terhadap hasil belajar IPA kelas VII SMPN 6 Lembang Jaya. Jenis penelitian ini adalah Quasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Hasil analisis menunjukkan Asymp dari uji Uji Mann-Whitney U Test adalah (0.000) lebih kecil dibandingkan nilai siginifikan 0.05, dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, yaitu antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Ratarata nilai post-test kelas eksperimen 78.4 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 56.00. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) disertai modifikasi lagu Sumatera Barat pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh nyata terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMPN 6 Lembang Jaya.
Kata Kunci: auditory intelectually repetition, modifikasi lagu daerah, hasil belajar
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:29 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:29 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2125 |
Actions (login required)
View Item |