ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI KELAS V DI SDN 05 ULAKAN TAPAKIS

Melati, Melati (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI KELAS V DI SDN 05 ULAKAN TAPAKIS. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PM24 008 Melati_.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal numerasi di SDN 05 Ulakan Tapakis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil AKM dan kesulitan siswa dalam memahami konsep numerasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal numerasi pada konten domain data dan ketidakpastian di SDN 05 Ulakan Tapakis berdasarkan kriteria Newman penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 11 siswa kelas V dari hasil tes penelitian maka diambil 2 subjek yang tinggi tingkat kesalahannya yang akan diwawancari sesuai pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data ialah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dapat berbentuk soal pilihan ganda kompleks, pilihan ganda, menjodohkan, atau jawaban singkat (isian). Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis kesalahan difokuskan dengan kriteria newman dengan aspek kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir. Hasil penelitian menujukan bahwa ada 2 jenis kesalahan berdasarkan kriteria newman yang terbanyak yaitu kesalahan memahami soal dan kesalahan keterampilan pada konten data dan ketidakpastian pada level kognitif penalaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu sehingga dapat dikatakan siswa kelas V rata-rata melakukan kesalahan keterampilan yang disebabkan oleh siswa belum terampil dalam melakukan perhitungan terhadap pembelajaran dan kesalahan dalam memahami soal siswa kurang memahami terutama dalam konsep, siswa tidak mengetahui apa yang sebenarnya ditanyakan pada soal dan salah dalam menangkap informasi yang ada pada soal sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan.

Kata Kunci: Analisis, Analisis Kesalahan Siswa, Soal Numerasi

Item Type: Thesis (skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 04 Dec 2024 09:00
Last Modified: 04 Dec 2024 09:00
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item