PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTs.TI PANINGGAHAN

Azizi, Silvia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTs.TI PANINGGAHAN. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PM24 004 Silvia Azizi_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika masih kurang, peserta didik malas mengerjakan latihan soal, media pembelajaran yang digunakan hanya LKS. Media monopoli belum pernah digunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media monopoli pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs.TI Paninggahan valid?. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan yaitu Analisis Pendahuluan (Preliminary Research), Pengembangan (Development Phase) dan Penilaian (Assesment Phase). Instrumen penelitian ini berupa angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli bahasa. Validasi dilakukan oleh 4 orang validator yaitu 1 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahasa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa validasi ahli media 88%, ahli materi mendapatkan rata-rata 85% dan validasi ahli bahasa 93% dengan rata-rata keseluruhan 89% dengan kategori sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan media monopoli pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs.TI Paninggahan dengan kategori sangat valid.

Kata Kunci: Media Monopoli, Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:19
Last Modified: 04 Dec 2024 07:19
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item