Permata Sar, Sinta (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI GEOMETRI KELAS VII SMPN 1 KUBUNG. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PM24 002 SINTA PERMATA SARI_.pdf Download (609kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah materi di dalam buku paket yang cukup sulit untuk dipahami Peserta Didik, karena belum berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya. Sehingga Peserta Didik kesulitan dalam menemukan konsep secara mandiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual yang valid dan praktis. LKPD merupakan suatu bahan ajar yang dianggap cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran, karena berisi soal-soal dan contoh-contoh yang membantu Peserta Didik dalam memahami pelajaran. Pendekatan kontekstual yang menekankan kepada kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari Peserta Didik dan akan menumbuhkan minat Peserta Didik untuk belajar dan menemukan konsep dari pelajaran itu secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan metode pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 tahapan yaitu Preliminary Research, Design and Develop Protype, Evaluation. Tahapan Preliminary Research membahas tentang analisis. Tahapan Design and Develop Protype yaitu tahap merancang, mengembangkan, dan menguji cobakan LKPD. Tahapan Evaluation yaitu mengevaluasi produk yang telah dihasilkan. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang divalidasi oleh 4 orang validator sebelum diuji cobakan. Instrumen yang digunakan adalah angket ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik, dan respon Peserta Didik. Selanjutnya uji coba dilakukan pada kelas VII3 SMPN 1 Kubung yaitu sebanyak 23 orang Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, media, dan bahasa mencapai 86%,92%, dan 88%. Sedangkan hasil analisis angket respon pendidik dan Peserta Didik mencapai 95% dan 75,34% Berdasarkan hasil tersebut didapatkan LKPD yang valid dan praktis.
Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Pendekatan Kontekstual, Geometri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 04:43 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 04:43 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
View Item |