KEMAPUAN MENULIS TEKSNARASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SOLOK SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rizkha Desy, Annisa (2021) KEMAPUAN MENULIS TEKSNARASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SOLOK SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PBI21 002 ANNISA RIZKHA DESY.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan siswa menulis teks narasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita teks narasi siswa kelas VII Semester I SMP N 3 Solok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP N 3 Solok Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 158 orang, peneliti mengambil kelas VII. I untuk di jadikan sampel dengan jumlah sampel 3 1 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 2 tahap, tahap pertama menjelaskan materi, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, menugaskan siswa untuk menulis teks narasi, dan mengumpulkan tes yang telah ditulis siswa. Tahap kedua setelah menganalisis hasi tulisan siswa karena masih banyak nilai siswa yang masih jauh di bawah kkm maka dilaksanakan tes selanjutnya dengan cara siswa masih menulis teks narasi tetapi menggunakan media audio visual berbemuk video. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu, membaca hasil tulisan siswa yang ditulis oleh siswa, mengoreksi hasil teks siswa dengan menggaris bawahi dan memberi kode sesuai dengan ketentuan pada instrumen penelitian, memberi skor sesuai fomat penilaian, menentukan nilai masing-masing siswa dengan menggunakan rumus persentase, mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa berdasarkan rata-rata hitung, membuat histogram, dan menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk skripsi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa (1) kemampuan Siswa menggunakan stuktur sebelum menggunakan media audio visual dalam menulis teks narasi berada pada kualifikasi kurang dengan nilai rata-rata 45,96, setelah menggunakan media audiovisual dengan stuktur dalam menulis teks narasi berada pada kualifikasi baik, dengan nilai rata-rata 76,61 (2) kemampuan Siswa dengan unsur kebahasaan sebelum menggunakan media audio visial dalam menulis teks narasi berada pada kualifikasi hampir cukup, dengan nilai rata-rata 50, setelah menggunakan media ludio visual dengan unsur kebahasaan dalam menulis teks narasi berada pada kualifikasi hampir cukup, lengan nilai rata-rata 55,64 (3) kemampuan menulis teks narasi dengan huruf kapital dan tanda baca ebelum menggunkan media audio visual berada pada kualifikasi kurang, dengan nilai rata-rata 40,13, etelah menggunakan media audio visual berada pada kualifikasi hampir cukup, dengan nilai rata-rata 5,65 (4) secara keseluruhan kemampuan dalam menulis teks narasi sebelum menggunakan media audio isual dengan jumlah sampel 31 Siswa tergolong kurang, dengan nilai rata-rata 46,16, setelah enggunakan media audio visual kemampuan Siswa dalam menulis teks narasi dengan jumlah 31 Siswa ah tergolong baik, dengan nilai rata-rata 62,93, nilai ini berada pada kualifikasi cukup.

lata Kunci: Teks narasi, media, dan audio Visual.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:07
Last Modified: 02 Nov 2024 04:26
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item