PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 SOLOK

Nurhidayati, Voni (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PE24 003 Voni Nurhidayati_w.pdf

Download (863kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Solok, diduga siswa belum mempunyai kemandirian belajar maksimal dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Solok.
Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif, dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Solok pada tahun pelajaran 2023/2034, berjumlah 152 siswa. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa. Teknik analisis digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa memiliki nilai (Sig) 0,00<0,05 dan nilai thitung > ttabel (7,864>1,662) artinya Ha diterima dan H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Solok, dengan pengaruh sebesar 36,4%.

Kata Kunci : Kemandirian belajar dan Hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:43
Last Modified: 25 Oct 2024 06:43
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item