Silvita, Devi (2024) KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL SISWA KELAS XII SEMESTER I SMA NEGERI 1 SUNGAI LASI KECAMATAN IX KOTO SUNGAI LASI KABUPATEN SOLOK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PBI24 001 DEVI SILVITA W.pdf Download (241kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Negeri 1 IX Koto Sungai Lasi yag masih memiliki kelemahan terutama dalam menentukan struktur dan kaidah kebahasaan. Untuk itu perlu bagi siswa untuk memahami cara menulis teks editorial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII Semester 1 SMA Negeri 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang. Data yang diolah dianalisis dengan langkah-langkah yaitu (1) Membaca teks editorial yang ditulis siswa, (2) Mengoreksi dengan menggarisbawahi dan memberi kode sesuai dengan ketentuan yang ada pada instrumen penelitian, (3) Menentukan skor sesuai struktur dan kaidah kebahasaan, (4) Mengubah skor mentah menjadi nilai dengan rumus persentase, (5) Mengelompokkan hasil tes kedalam skala 10, (6) Membuat histogram kemampuan siswa (7) Menafsirkan kemampuan menulis teks editorial berdasarkan rata-rata hitung, (8) Membuat simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian yaitu bahwa kemampuan menulis teks editorial siswa berdasarkan struktur teks editorial sebagai berikut: (1) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan pengenalan isu berada pada kualifikasi sempurna dengan nilai rata-rata 100. (2) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan argumentasi berada pada kualifikasi sempurna dengan nilai rata-rata 100. (3) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan simpulan dan rekomendasi berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 90,66. Kemampuan menulis teks editorial siswa berdasarkan kaidah kebahasaan sebagai berikut: (1) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan kata populer berada pada kualifikasi sempurna dengan nilai rata-rata 100. (2) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan waktu, tempat, dan peristiwa berada pada kualifikasi sempurna dengan nilai rata-rata 99,56. (3) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan kalimat persuasif berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 66,23. (4) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan konjungsi pertentangan berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai rata-rata 52,89. (5) Kemampuan siswa dalam menulis teks editorial berdasarkan kata ganti kita berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 65,33. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII Semester 1 SMA Negeri 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah sampel sebanyak 75 siswa berada pada kualifikasi baik (BK) dengan nilai rata-rata 84,77.
Kata Kunci : teks editorial, struktur teks, kaidah kebahasaan
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:32 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:17 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1824 |
Actions (login required)
View Item |