Despita, Dera (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMAN 1 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PB24 001 Dera Despita_w.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Problem Based Learning (PBL) disertai Video terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Manusia di SMAN 1 Kota Solok. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Kota Solok sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling dan terpilih kelas XI IPA 4 dan XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Berdasarkan nilai tes akhir diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 81,83 dan rata-rata nilai kelas kontrol 67,73. Dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis untuk kedua kelas sampel. Kedua kelas diketahui berdistribusi normal dan tidak homogen, maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Setelah dilakukan uji statistik non parametrik menggunakan SPSS diperoleh nilai Asymp hitung sebesar 000 sedangkan nilai Asymp tabel >0.05 artinya asymp hitung lebih kecil dari Asymp table, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya hasil belajar biologi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem lebih baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) disertai Video terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMAN 1 Kota Solok.
Kata kunci : Problem Based Learning, Video, Konvensional, hasil belajar
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 05:03 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 05:03 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1822 |
Actions (login required)
View Item |