PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK

Sari Putri, Nengla (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PM22 003 NENGLA SARI PUTRI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi didapatkan informasi bahwa motivasi peserta didik untuk mengikuti mata pelajaran Matematika dengan media daring masih tergolong rendah, hal ini terlihat ada peserta didik yang tidak menyimak penjelasan guru, peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan guru, di tengah sesi tanya jawab ada peserta didik yang diam dan tidak bereaksi terhadap pertanyaan yang diberikan guru, serta sebagian peserta didik tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan masih ada siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM atau standar nilai yang ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis WhatsApp dan motivasi

terhadap hasil belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Solok. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 5 Kota Solok yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel simple random sampling, data pembelajaran daring berbasis WhatsApp dan motivasi diperoleh melalui angket sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil Penugasan Akhir Semester I. Data diperoleh nilai koefisien korelasi Rx1.x2.y 0,89, artinya pembelajaran daring berbasis WhatsApp dan motivasi belajar mempengaruhi sebesar 79,21% terhadap hasil belajar Matematika siswa. Setelah dilakukan uji hipotesis, secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 127,64 dan nilai Ftabel adalah sebesar 3, 13, maka diketahui nilai Fhitung > Ftabel yang menyatakan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring berbasis WhatsApp dan motivasi belajar secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kota Solok. Seterusnya uji hipotesis secara parsial, diperoleh bahwa: 1) Pengaruh antara variabel Xl terhadap Y diperoleh nilai thitung = 16,20 > = 1,995 yang menyatakan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara pembelajaran berbasis WhatsApp terhadap hasil belajar dan 2) Pengaruh antara variabel X2 terhadap Y diperoleh nilai thitung = 15,04 > = 1,995, yang menyatakan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kota Solok.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:07
Last Modified: 04 Nov 2024 07:30
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item