PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MENELAAH TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII MTsN KOTA SOLOK SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Joli Nofrianti, Mita (2023) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MENELAAH TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII MTsN KOTA SOLOK SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PB123 009 Mita Joli Nofrianti_watermark_removed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PB123 009 Mita Joli Nofrianti_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain: kurangnya minat siswa untuk membaca dan memahami apa yang dibaca, kurangnya interaksi antara siswa dan guru atau antar siswa dengan siswa karena pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih menggunakan cara lama yaitu dengan metode ceramah, belum ada penerapan model pembelajaran yang bisa meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Quantum Learning terhadap menelaah teks ulasan siswa kelas VIII MTsN Kota Solok tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di MTsN Kota Solok pada kelas VIII semester II pada bulan Februari 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui tes unjuk kerja. Sampel dalam penelitian berjumlah 58 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Quantum Learning, kelas kontrol tanpa menggunakan model Quantum Learning. Hasil penelitian ini dengan nilai rata-rata menelaah teks ulasan pada kelas kontrol 72,6 berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen 84,7 dengan kualifikasi baik. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Quantum Learning dilakukan pengujian prasyarat uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, dan uji homogenitas menggunakan uji F. Dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji t dengan ketentuan sig < 0,05. Hasil pengujian ini menunjukkan terdapat pengaruh model Quantum Learning terhadap menelaah teks ulasan siswa karena pada tabel uji t diperoleh nilai thitung = 14,83 > ttabel = 2,763. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Quantum Learning terhadap Menelaah Teks Ulasan Siswa Kelas VIII semester II MTsN Kota Solok Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Model Quantum Learning, Teks Ulasan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 05:00
Last Modified: 28 May 2024 05:00
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item