PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DISERTAI MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI EKOSISTEM

Febriani, Elsi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DISERTAI MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI EKOSISTEM. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PB23 003 ELSI FEBRIANI_watermark_removed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PB23 003 ELSI FEBRIANI_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Latar belakang penelitian bahwa hasil belajar siswa sebagian besar masih dibawah KKM, hal ini disebabkan karena kurangnya aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, masih ditemukan siswa yang kurang berminat untuk mengikuti PMB sehingga tidak memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran. Proses pembelajaran cenderung berlangsung satu arah yaitu guru menerangkan di depan kelas sedangkan siswa hanya mendengarkan saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh model pembelajaran think pair share disertai Mind map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hubungannya dengan Kreativitas siswa kelas X SMA pada materi Ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan pendekatan one group pretestposttest design. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dari siswa kelas X SMAN 1 Payung Sekaki yang berjumlah 25 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik uji perbedaan ratarata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share disertai Mind Map pada materi ekosistem di Kelas XE2 SMAN 1 Payung Sekaki dengan perbandingan hasil pre-test dan posttest yaitu 68,20 meningkat menjadi sebesar 85,20 dan hasil uji paired t-test didapatkan t table 9,106>1,697) dengan nilai probabilitas berada di bawah 0,05 (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Mind Map dalam kemampuan berfikir kritis dan kreativitas di kelas X SMA Pada materi ekosistem.

Kata Kunci : Think Paire Share, Mind Map, Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreativitas

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Science > Biology (Biologi, Imu Hayat)
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 04:36
Last Modified: 28 May 2024 09:39
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item