Husna, Hayatul (2023) PENGARUH MEDIA VISUAL DISERTAI MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KUBUNG PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PB23 001 Hayatul hasna_.pdf Download (845kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual disertai model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung. Eksperimen ini menggunakan rancangan the posttest only control group design. Teknik yang di gunakan dalam pengambilan sampel ini dengan Sampling Purposive. Sampel dalam penelitian berjumlah 52 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, yang menjadi variabel bebas model Quantum Learning dan media visual sedangkan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Pengujian prasayarat untuk uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett, uji F. Kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan ketentuan sig < 0,05. Hasil pengujian ini menunjukkan terdapat pengaruh media visual disertai model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa karena pada tabel uji t diperoleh nilai ttabel = 1,71068. Ternyata thitung = 5,42579 > ttabel = 1,71068 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh media visual disertai model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Kubung pada sistem peredaran darah manusia.
Kata Kunci : media visual, model Quantum Learning, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Science > Biology (Biologi, Imu Hayat) Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:20 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:20 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |