STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK UBI KAYU (Studi Kasus di Kelompok Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Kapuah Saiyo)

Desmiati, Gia (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK UBI KAYU (Studi Kasus di Kelompok Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Kapuah Saiyo). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
AGRI23 002 Gia Desmiati_watermark_removed.pdf

Download (964kB)
[img] Text
AGRI23 002 Gia Desmiati_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tentang Strategi Pengembangan Usaha Keripik Ubi Kayu (Studi Kasus di Kelompok Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Kapuah Saiyo) Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok ini dilaksanakan untuk menentukan apa yang menjadi kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman, serta untuk mengetahui strategi pengembangan usaha keripik ubi kayu pada Kelompok Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Kapuah Saiyo. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode studi kasus (case study), dengan metode analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu input stage, matching stage dan decision stage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tertinggi yang dimiliki Kelompok Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Kapuah Saiyo yaitu lokasi usaha stategis dan tempat usaha milik sendiri dengan total skor 0,26 dan kelemahan terbesar yaitu kurangnya strategi pemasaran dengan total skor 0,15. Peluang terbesar yang dimiliki adalah pemasaran keluar daerah dengan total skor 0,3, sedangkan untuk ancaman adalah selera konsumen berubah-ubah dengan total skor 0,34. Strategi pengembangan usaha yang dijalankan adalah strategi intensif yang meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Yang menjadi prioritas utama adalah usaha mendapatkan keunggulan yang kompetitif di pasar dengan cara mempertahankan kualitas produk, penetrasi pasar, meningkatkan relasi dan loyalitas pelanggan, sedangkan untuk alternatif strategi yang dijalankan adalah menambah jumlah karyawan yang memiliki keahlian dibidang teknologi dan informasi guna mengembangkan pasar dan meningkatkan penjualan pada masa yang akan datang.

Kata kunci: strategi pengembangan, keripik ubi kayu

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 14 May 2024 09:25
Last Modified: 14 May 2024 09:25
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item