STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI KERIPIK TALAS (Studi Kasus Pada Usaha Rumah Tangga Khalista di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok)

Nadia Putri, Neva (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI KERIPIK TALAS (Studi Kasus Pada Usaha Rumah Tangga Khalista di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
AGRI22 002 NEVA NADIA PUTRI_watermark (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
AGRI22 002 NEVA NADIA PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetehaui Profil Usaha Rumah Tangga Keripik Talas Khalista di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok, Untuk mengetahui Keuntungan Produksi Keripik Talas Khalista, Untuk Mengetahui Strategi yang di lakukan Industri Rumah Tangga Keripik Talas Khalista dalam Pengembangan Usahanya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder diperoleh dari tempat penelitian yaitu di Industri Rumah Tangga Keripik Talas Khalista di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok dan dari instansi yang terkait serta beberapa buku yang terkait dengan penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simle Random Sampling dan sampel diambil sebanyak 31 orang atau 40% dari 78 orang (populasi). Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan SWOT.
Berdasarkan hasil analisis kuantitatif usaha Industri Rumah Tangga Keripik Talas Khalista di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok didapat penerimaan sebesar Rp. 479.500.000,- per tahun dan keuntungan sebesar Rp.289.274.900 ,- per tahun dengan angka indeks B/C Ratio sebesar Rp. 1,52,- per tahun.
Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi Usaha Industri Rumah Tangga Keripik Talas Khalista di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok berada pada kuadran I dengan koordinat (0,84 ;1,21), yaitu strategi S-O : Startegi yang mengunakan kekuatan internal dengan memenfaatkan peluang eksternal yaitu dengan di kenalnya merek produk dapat di jadikan sebuah strategi untuk memperluas pasar. Pengalaman usaha yang cukup lama dapat di jadikan sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas produk yang
berdaya saing.

Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Industri Rumah Tangga

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 14 May 2024 09:20
Last Modified: 14 May 2024 09:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item