Pengaruh Ukuran Dewan, Pertumbuhan Penjualan, dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017)

Rahmi, Yunita (2019) Pengaruh Ukuran Dewan, Pertumbuhan Penjualan, dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Dewan, Pertumbuhan Penjualan dan Pertumbuhan Aset terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada sebanyak 19 perusahaan selama tahun 2016-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.

Berdasarkan analisis statistik dapat disimpulkan bahwa secara parsial ukuran dewan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang diteliti, hal ini dibuktikan dengan menggunakan ujit dengan nilai t hitung 2,996 ≥ nilai t tabel 2,032 dengan signifikansi 0,005 ≤0,05. Secara parsial pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang diteliti, hal ini dibuktikan dengan menggunakan ujit dengan nilai t hitung 13,266 Znilai t ubel 2,032 dengan signifikansi 0,002 ≤0,05. Secara parsial pertumbuhan aset tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang diteliti, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji t dengan nilai t hitung (0,006 Snilai t tabel 2,032 dengan signifikansi 0,996 ≥0,05. Secara simultan ukuran dewan, pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan aset berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai F hitung 7,170 ≥ nilai F tabel 2,87 dengan signifikansi 0,001 ≤ 0,05. Hasil uji koetisien determinasi (R²) nilai Adjusted R sebesar 0,333 atau 33,3%. Ini artinya ukuran dewan (X₁), Pertumbuhan penjualan (X2), pertumbuhan aset (X₁) memiliki per.garuh terhadap nilai perusahaan (Y) sebesar 33,3%, sedangkan sisanya sebesar 66,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas audit, leverage, struktur modal, dan profitabilitas.

Kata Kunci: Ukuran Dewan, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Aset, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi (General)
Manajemen > Manajemen Keuangan dan Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:21
Last Modified: 22 Nov 2024 04:21
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item