Pengaruh Kreativitas Siswa Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak

Utami Rahayu, Mathilza (2018) Pengaruh Kreativitas Siswa Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS 2) Pengaruh komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS 3) pengaruh kreativitas siswa dan komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak, yaitu 66 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, di mana diperoleh tihitung > trabel yaitu (2.576 >1.668), 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dimana diperoleh berarti thitung tabel (1.734 > 1.668), 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa dan komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dimana Fhirung sebesar 11,218 sedangkan Ftabel sebesar 3.14 berarti Fritung Frabet, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kreativitas siswa dan komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak, dengan taraf signifikan a= 5% Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa dan komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak. Saran dalam penelitian ini yaitu agar siswa lebih meningkatkan kreativitas siswa dan memperbaiki komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, sehingga tercapai hasil yang diharapkan.

Kata kunci kreativitas siswa, komunikasi interpersonal dalam pembelajaran, hasil belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:21
Last Modified: 21 Nov 2024 05:21
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item