Angella Putri, Yuri (2018) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas XII IPS Terhadap Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat belajar siswa, banyaknya ditemui siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru dan mengeluh saat diberikan tugas, tidak konsentrasi dalam belajar, membuat tugas lain saat jam pelajaran Akuntansi, nilai ujian siswa dibawah KKM. siswa menganggap pelajaran Akuntansi itu sulit, tidak memperhatikan guru menerangkan. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor yang mempengarulu minat belajar siswa IPS kelas XII terhadap mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian in! dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2017/2018 di SMA Negeri 2 Kota Solok yang beralamat di Telaga Biruhun Simpang Rumbio Kota Solok Sampel penelitian menggunakan teknik proporsionate random sampling dari siswa kelas XII IPS SMA Negeri2 Kota Solok yang berjumlah 95 crang Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket dengan menggunakan skala likert Hasil analisis data adalah, Indikator ketertarikan siswa untuk belajar diperoleh rata-rata persentase sebesar 59% dengan kriteria cukup, artinya hanya sebagian dari siswa yang tertarik untuk belajar, dan sebagian lagi tidak. Hal ini diduga karena siswa menggap pelajaran Akuntansi itu sulit, membosankan, dan kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar. Disini bimbingan guru sangat dibutuhkan saat belajar agar para siswa tertarik untuk belajar. Pada indikator perhatian dalam belajar diperoleh rata-rata persentase sebesar 60% dengan kriteria cukup, artinya hanya sebagian dari siswa yang memperhatikan pelajaran, perhatian siswa merupakan hal yang berpengaruh terhadap nilai siswa, perhatian itu dapat berupa mengulang pelajaran, memperhatikan guru menerangkan, belajar dengan sungguh-sungguh. Sedangkan pada motivasi belajar diperoleh rata-rata persentase sebesar 54% dengan kriteria kurang, artinya hanya sebagian dari siswa yang termotivasi belajar, motivasi merupakan hal pendorong siswa untuk belajar apabila motivasi siswa kurang maka akan berpengaruh pada minat belajar. Sebaiknya guru lebih mendorong motivasi siswa untuk belajar. Pada indikator pengetahuan siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 61% dengan kriteria cukup, artinya pengetahuan merupakan berpengaruh karena pengetahuan siswa akan berpengaruh saat mengerjakan tugas dan saat ujian.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:21 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/867 |
Actions (login required)
View Item |