Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study IPS Kelas VII Di SMPN 3 Kota Solok

Alvionita, Ani (2018) Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study IPS Kelas VII Di SMPN 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya motivasi ekstrinsik dari guru pada saat proses pembelajaran berlangsung yang mana hal ini bisa dilihat dari proses pembelajaran siswa sering keluar masuk kelas, Guru yang hanya memakai satu sumber dan pemberian hukuman yang tidak tepat kepada siswa, apabila hukuman itu diberikan kepada siswa itu merupakan suatu alat motivasi yang baik bagi dirinya. Selain itu guru kurang mengadakan diskusi dan persaingan di dalam kelas, karena persaingan itu merupakan alat motivasi bagi siswa yang baik guna mendapat nilai yang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study IPS Kelas VII Di SMPN 3 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2018 di SMP N 3 Kota Solok Jalan Tembok Raya. Populasi dari penelitian ini sebanyak 109 orang sedangkan Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik perhitungan Solvin, yang diambil dari siswa kelas VII SMP N 3 Kota Solok berjumlah 86 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik dari guru terhadap hasil belajar siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan Uji t, diketahui nilai thitung 2,015 sedangkan nilai tubel dapat dicari dengan menggunakan tabel tabel, maka diperoleh nilai tabel =1,66277. Hal ini berarti thitung 2,015 1,66277 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Keputusannya adalah Hipotesis yang diajukan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan taraf signifikan sebesar 5% antara motivasi ekstrinsik guru terhadap hasil belajar siswa IPS SMP Negeri 3 Kota Solok.

Kata Kunci: Motivasi Ekstrinsik Guru, dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:21
Last Modified: 21 Nov 2024 05:21
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item