Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Batipuh

Hafsela Sari, Rizka (2018) Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Batipuh. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi karena kurangnya kemauan siswa untuk belajar, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa tidak serius pada saat belajar ekonomi, tidak adanya umpan balik dari siswa saat proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang fokus saat guru menjelaskan pelajaran di depan kelas. Salah satu cara pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna adalah dengan menggunakan Media Audio Visual Berbasis Video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual berbasis video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi SMA N 1 Batipuh. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian eksperimen. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N1 Batipuh tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 5 lokal dengan jumlah siswa 160 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS, yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS₂ yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol.

Analisis hasil belajar ekonomi siswa dilakukan dengan uji-t maka diperoleh thitung 6,48 dan tud 1,67 pada taraf kepercayaan 95% (a=0,05) karena thitung > tabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual berbasis video. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media audio visual berbasis video lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung pada kelas SMA N I Batipuh tahun pelajaran 2016/2017. X IPS.

Saran dalam skripsi ini diharapkan bagi guru dapat menggunakan media audio visual berbasis video dalam proses belajar mengajar sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci. Media pembelajaran, video dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:21
Last Modified: 21 Nov 2024 05:21
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item