Persiapan Guru Dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Kota Solok

Nofrianti, Dewi (2018) Persiapan Guru Dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis persiapan yang dilakukan guru dalam mengahadapı kurikulum 2013.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan kunci penelitian guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolahdan informan tambahan kepala Tata Usaha. Wawancara dilakukan pada informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan 1)Persiapan awal dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 Kota Solok guru sudah mengunakan kurikulum 2013 yang sudah diberlakukan sekolah dari tahun 2016 sampai sekarang. Untuk guru-guru yang akan melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 mereka sudah mendapatkan pelatihan terkait dengan kurikulum 2013. Lalu guru juga harus menyusun perangkat pembelajaran untuk sebagai bekal mengajar didalam kelas, namun guru-guru disini masih banyak ragu dengan penyusunan RPP karena banyak penambahan kolom-kolom. Selain perangkat pembelajaran guru juga harus menvariasikan metode agar kelas tidak cepat bosan dengan satu metode saja namun guru disini ada menggunakan metode tanya jawab, diskusi, discovery learning, praktek dan eksperimen. Selain metode media juga harus di buat oleh guru untuk menunjang pembelajran yang aktif baik media yang di buat sendiri maupun media yang diprint. Untuk menciptakan kelas kondisif buku paket juga lengkap persiswa tetapi kenyataan buku paket masih kurang lengkap untuk sebagian mata pelajaran. Alat pendukung yang disedia sekolah seharusnya guru memanfaatkan itu tetapi keadaan kelasnya berbeda ada kelas yang dialiri listrik.

2)2Persiapan akhir (evaluasi) Guru seharusnya melakukan evaluasi pada tiap materinya dikurikulum 2013 sekarang pembelajaran dilakukan per KD lalu dilakuakan evaluasi yang berguna untuk mengetahui pemahaman siswa terkait materi yang telah diajakan oleh guru. Evaluasi tersebut bisa berupa tertulis dan lisan. Setelah guru melakukan evaluasi sistem penilaian yanga akan dilakukan guru penilain berbasis aplikasi dan ada 3 poin penilaian secara garis besar ada sikap, ada pengetahuan dan ada ketrampilan.

Untuk itu penulis menyarankan guru lebih mempersiapkan yang sudah menjadi tuntutan dari seorang guru agar pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.

Kata kunci: Persiapan guru menghadapi perubahan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:21
Last Modified: 21 Nov 2024 05:21
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item