Sanova, Rici (2018) Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa yang Menggunakan Media Audio-Visual Dengan Media Powerpoint Kelas VII di SMP Negeri 1 Junjung Sirih. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar, media yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya keaktifan siswa dalam belajar serta banyak siswa berbicara dengan teman, minta izin keluar, dan tidak serius dalam belajar. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media Audio-Visual dengan media PowerPoint pada kelas VII di SMP Negeri 1 Junjung Sirih.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada bulan November tahun 2017 di SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Populasi penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 1 Junjung Sirih berjumlah 128 orang sedangkan Sampel penelitian ini menggunakan teknik Random dari siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Junjung Sirih berjumlah 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Normalitas dan Homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media Audio-Visual dengan media PowerPoint kelas VII di SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai taitung 3,66 pada taraf kepercayaan 95% (a=0,05) dan tabel 1,68 sehingga thitung > tubel, maka hipotesis diterima dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media Audio-Visual dengan yang menggunakan media PowerPoint kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Saran bagi penulis, penggunaan media audio-visual dan PowerPoint dapat digunakan sebagai alternatif untuk kedepannya sebagai calon guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagi siswa dapat meningkatkan motivası, minat dan perhatian dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan meningkatkan hasil belajar dan bagi guru IPS di SMP Negeri 1 JunjungSirih diharapkan dapat menggunakan media Audio-Visual dan PowerPoint dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar serta bagi peneliti lain, bermanfaat sebagai pedoman dalam melakukan penelitian selanjutnya dengan menerapkan strategi dan media pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media, Audio-Visual, PowerPoint.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:21 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |