Sartika, Impis (2018) Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII MTS Negeri Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk menganalisa kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTsN Kota Solok.
Jenis penelitian yang penulis buat yaitu dengan metode penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data 1) meredukasi data berkaitan dengan pelaksanaa remedial, 2) penyajian data yang berkaitan dengan emosional dan 3) menarik kesimpulan berkaitan dengan emosional siswa.
Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan secara umum, bahwa emosional siswa di lihat dari lima macam ciri-ciri emosional siswa siswa kelas VIII, yaitu: 1) pada usia remaja siswa banyak murung tidak dapat di terka, sebagian kemurungan tersebut di sebabkan oleh kebinggunan anak tersebut karena perubahan biologisnya, ada juga karena adanya masalah-masalah, baik masalah dengan orang tua, dengan teman, guru dan lawan jenisnya.2) siswa bertingkah laku kasar untuk menutupi kekurangi nya dalam hal percaya diri siswa MTsN Kota Solok bertingkah laku kasar itu jarang palingan dalam satu tahun cuma ada dua orang tetapi kebanyakan siswa marah ketika mereka kurang percaya diri karena perubahan biologisnya, 3) ledakan ledakan kemarahan mungkin bisa terjadi ini di akibatkan karena siswa tersebut terlalu banyak bekerja di luar dan kurang istirahat. sehingga menyebabkan siswa tersebut marah kepada orang yang mengaganggunya ketika siswa tersebut dalam keadan sakit, lelah dan kurang mod 3) siswa cenderung tidak toleran terhadap pendapat orang lain, siswa memang masih ada yang tidak toleran terhadap pendapat orang lain karena masih banyak siswa yang mempunyai kasus dan ti tangangi oleh BK karena siswa inggin melakukan hal-hal yang benar bagi mereka, 5) siswa-siswi di SMP mulai mengamati orang tua dan gurunya dan siswa akan marah apabila siswa di tipuoleh gaya guru yang serba tahu, tetapi siswa siswi MTsN jarang yang marah pada guru tetapi hanya kesal.
Berdasarkan penelitian ini analisis kecerdasan emosional siswa sudah berkembang dengan baik tetapi masih ada siswa yang belum bisa menahan emosi ketika perubahan biologis tatapi guru dan orang tua sudah memberikan pemahami mengenai masalah-masalah yang di hadapi oleh remaja.
Kata kunci:kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:21 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/860 |
Actions (login required)
View Item |