Deswita, Ayu (2018) Pengaruh Minat Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembang Jaya. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji: 1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu 2) Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu 3) Pengaruh minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lembang Jaya, yaitu 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah regresi lincar berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar, dimana tritung sebesar 2,225 dan trabet sebesar 1,683 berarti thitung > trabel (2,2251,683), 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar, dimana thitung sebesar 2,109 dan trabet sebesar 1,683 berarti thitung ftabel (2,109 > 1,683), 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar, dimana Fhitung sebesar 16,160 sedangkan Ftabet sebesar 4,08 berarti Fhitung Frabel, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lembang Jaya, dengan taraf signifikan a= 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lembang Jaya. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa hendaknya tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan belajar, memiliki keinginan belajar, lebih senang bekerja mandiri, kreatif dalam proses PBM dan senang mencari dan memecahkan sebuah masalah serta menyiapkan diri sebelum proses pembelajaran dimulai agar mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Bagi guru hendaknya memberikan semangat, motivasi dan menyiapkan kondisi belajar siswa agar siap dalam mengikuti proses pembelajaran. Serta bagi orang tua diharapkan memberikan motivasi, selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya untuk sekolah.
Kata kunci: minat belajar, kesiapan belajar, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:21 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/859 |
Actions (login required)
View Item |