Amelia, Depita (2018) Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 kota solok, hal ini diduga karena rendahnya minat belajar dan kecerdasan emosional siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok 2) Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok 3) pengaruh minat belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 6 Kota Solok, yaitu 145 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Perhitungan Slovin, yang di ambil dari siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok, yang berjumlah 107 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa, di mana diperoleh thitung > trabel yaitu (2.679 1.6592), 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa, dimana diperoleh berarti tritung > tabel (1.746> 1.6592), 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajat dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa. Dimana Fritung sebesar 14,027 sedangkan Ftabel sebesar 3.93 berarti Fhitung > Frabet, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara minat dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Kota Solok, dengan taraf signifikan a= 5%
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Kota Solok Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan. Saran dalam penelitian ini yaitu agar siswa lebih meningkatkan minat belajar dan memperbaiki kecerdasan emosional untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, sehingga tercapai hasil yang diharapkan.
Kata kunci: minat belajar kecerdasan emosional siswa, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:21 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/858 |
Actions (login required)
View Item |