Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Kebutuhan Manusia dan Kelengkapan Sumber Daya Kelas VIII SMP Negeri 5 X Koto Singkarak

Maulia, Ismi (2018) Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Kebutuhan Manusia dan Kelengkapan Sumber Daya Kelas VIII SMP Negeri 5 X Koto Singkarak. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui di SMP Negeri 5 X Koto Singkarak yaitu rendahnya minat baca dan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti siswa yang masih belum aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran untuk memamanfaatkan serta mempergunakan sumber belajar dan media belajar baik cetak maupun non cetak. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran kurang bervariasi, dapat dilihat guru hanya menggunakan media buku cetak dan peta, sehingga siswa lebih cepat bosan. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui validasi media pop-up book pada materi kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya. 2) Untuk mengetahui praktikalitas media pop-up book pada materi kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, respon guru, dan respon siswa. Subjek uji coba dalam penelitian adalah 22 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 5 X Koto Singkarak. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah jenis data kuantitatif yang diperoleh dari data validasi dan angket praktikalitas, dibantu dengan Microsoft excel. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu hasil analisis validasi media pop-up book pada aspek materi mencapai 84% dikategorikan sangat valid, pada aspek bahasa 79% dengan kategori valid, dan pada aspek media 84% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis angket praktikalitas oleh siswa diperoleh rata-rata 83% dikategorikan sangat praktis. Hasil analisis praktikalitas respon guru diperoleh rata-rata 84% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa pop-up book. Media pop-up book yang dikembangkan sudah sangat valid dan sudah praktis digunakan.

Kata Kunci: Media Pop-up Book, ADDIE.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:20
Last Modified: 21 Nov 2024 05:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item