Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 5 Lembang Jaya

Yetmarida, Yetmarida (2018) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 5 Lembang Jaya. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sesuai dengan masalah yang ada di sekolah diantaranya pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa masih terlihat berbicara dengan teman disebelahnya, sibuk sendiri dengan urusannya, sering melihat keluar seakan-akan kondisi di luar lebih menyenangkan darı pada di dalam kelas, saat diberi tugas ataupun PR siswa lebih sering mencontek bahkan ada dari mereka yang tidak mengerjakannya, beberapa siswa sering tidak masuk sekolah tanpa alasan yang jelas bahkan ada dari mereka yang cabut pada saat jam-jam tertentu.

Jents penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket lingkungan belajar dan motivasi belajar yang terdiri atas 59 item pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi yaitu sebanyak 38 orang. Data diolah menggunakan teknik uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 5 Lembang Jaya. Variabel lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 5 Lembang Jaya dibuktikan dengan thitung sebesar 5,198, sedangkan tabel sebesar 1,68595, berarti hitung fabel maka Ho ditolak dan H, diterima.

Saran untuk penelitian ini adalah diharapkan siswa lebih peka terhadap lingkungan belajar, siswa mampu bersosialisasi dengan temannya. Bagi guru. diharapkan guru dapat meningkatkan lingkungan belajar yang mendukung proses pembalajaran dan memotivasi belajar siswa dengan memberikan tugas yang meransang motivasi siswa,. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga semangat belajar siswa terus dipupuk. Untuk peneliti, sebagai saran untuk menambah pengalaman dan mengetahui tentang lingkungan belajar dan motivasi belajar.

Kata kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:20
Last Modified: 21 Nov 2024 05:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item