Chintya, Deby (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi darı penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.Ak SMK Negeri 1 Kota Solok. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas eksperimen adalah X Ak4 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X.Akl sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Untuk pengujian hipotesis, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) pada tingkat kepercayaan 95%.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, maka didapatkan thitung =3,53, sedangkan tabel =1,67, berarti thitung label, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pengantar Ekonomi Bisnis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together lebih baik dari pada hasil belajar Pengantar Ekonomi Bisnis yang menggunakan pembelajaran langsung.
Saran peneliti agar guru Pengantar Ekonomi Bisnis dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis karena dapat dijadikan salah satu alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:20 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/855 |
Actions (login required)
View Item |