Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak

Sari, Endang Purnama (2018) Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi mengenai pengelolaan kelas yang belum kondusif Pemahaman mengenai tujuan, cara pendekatan, prinsip-prinsip seria tindakan yang dilakukan oleh guru saat berada didalam kelas belum sepenuhnya terlaksana dengan maksimal, serta kurangnya pemberian motivasi serta penguatan dari guru sehingga berdampak kepada hasil belajar siswa, khususnya siswa kelas VII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif atau ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2017/2018 di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak yang beralamat di Jln. Lintas Sumatera - Sumani Kabupaten Solok. Sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling yang berjumlah 110 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis Jalur (Path Analys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa terlihat dari hasil uji analisis jalur pada kolom Coefficient sebesar 0.336. Kemudian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui uji analisis jalur pada kolom Coefficient sebesar 0.403. Dan terdapat penaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas den motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa melalui hasil analisis jalur pada kolom Coefficieni sebesar 0.407. Berdasarkar penelitian ini peneliti menyarankan agar guru meningkatkan hasil belajar siswa, guru sebaiknya juga meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas, dan juga menciptakan suasana beajar yang kondusif kepada siswa, sehingga pada saat guru menerangkan pelajaran dan memberi tugas serta u'angan, siswa akan ebih tersemangat dan termotivasi untuk lebih semangat sehingga meningkatkan hasil belajarnya.

Kate Kunci: Pengelolaan kelas, Motivasi belajar, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:20
Last Modified: 21 Nov 2024 05:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item