Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kubung

Savitri, Livia (2018) Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kubung. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Hubungan dısıplın belajar terhadap hasıl belajar IPS siswa kelas IX, 2) Hubungan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX, 3) Hubungan disiplin belajar dan konsentrası belajar terhadap hasıl belajar IPS siswa kelas IX.

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelası yang bersifat ex-postfacto Populası dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kubung, yaitu sebanyak 172 orang siswa, sampel penelitian menggunakan menggunaka teknik perhitungan solvin darı siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kubung yang berjumlah 120 orang Teknik pengumpulan data adalah dengan cara dokumentası dan menggunakan angket Teknik analısıs data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Hasıl penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasıl belajar siswa. Dimana diperoleh r hitung sebesar 0,622 sedangkan nilai rabei diperoleh 0,176 Ternyata Phutung > Tabel maka berarti Ha diterima 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Konsentrasi belajar dengan hasil belajar siswa. Dimana diperoleh mempunyai r fatung sebesar 0,713 sedangkan nilai r tabel diperoleh = 0,176 Karena harga rhitung > rtabel maka berarti Ha diterima 3) Terdapat hubungan yang positif antara dısıplın belajar dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Dimana diperoleh koefisien regresi ganda sebesar 0,016. Didapatkan nilai futung124 Harga ini selanjutnya dikonsultasikan dengan fabel dengan taraf signifikan 5%, dk pembilang = 2 dan dk. penyebut 120, maka didapatkan nilai fb 3,07 Ternyata fitung lebih besar dan pada f (fng-124 fuel-3,07), sehingga koefisien regresi ganda sebesar 0,046 Signifikan.

Saran untuk penelitian ini adalah 1) Bagı siswa memiliki inisiatif untuk mempelajari materi-materi IPS sebelum guru mengerjakannya di kelas 2)Bagi guru diharapkan untuk lebih meningkatlan profesionalisme yaitu dengan guru perlu memberikan tugas-tugas mandiri agar siswa mau berusaha untuk mempelajarı materı IPS 3) Bagi peneliti yang lain, untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi hasıl belajar IPS siswa selain yang diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Disiplin, Konsentrası, Hasıl Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:20
Last Modified: 21 Nov 2024 05:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item