Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Model Learning Start With A Question (LSQ) Di Kelas VIII SMPN 5 Lembang Jaya

Harevelemi, Haravelemi (2018) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Model Learning Start With A Question (LSQ) Di Kelas VIII SMPN 5 Lembang Jaya. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran LSQ di kelas VIII SMPN 5 Lembang Jaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VIII, SMPN 5 Lembang Jaya berjumlah 20 orang dan peneliti sebagai guru. Alat pengumpul data digunakan adalah lembaran observasi dan tes akhir setiap siklus. Teknik analisis data berbentuk analisis persentil dan analisis hasil belajar. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa aktivitas positif dan hasil belajar siswa pada siklus I dan II terdapat peningkatan. Siklus I persentase aktivitas positif siswa yaitu 46.25%, siklus II persentase aktivitas positif siswa meningkat menjadi 75,63 %. Peningkatan persentase aktivitas positif siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 29,38%. Adanya penurunan aktivitas negatif belajar IPS siswa kelas VIII, SMPN 5 Lembang Jaya melalui model pembelajaran LSQ dari siklus I sampai dengan siklus II. Siklus I persentase aktivitas siswa yaitu 29,17%, siklus II persentase aktivitas negative siswa menurun menjadi 14,17 %. Penurunan persentase aktivitas negatif siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 15,0 %. Siklus I rata-rata hasil belajar siswa yaitu 71,8 dengan persentase ketuntasan 60%. Siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,3 dengan persentase ketuntasan 80 %. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 8,65 dan peningkatan persentase ketuntasan 20%. Secara umum terdapat peningkatan aktivitas belajar IPS siswa melalui model pembelajaran LSQ. Cara ini pada dasarnya mampu mendorong terlaksananya aktivitas belajar siswa guna memantapkan cara berpikir siswa dalam pemahaman materi yang diberikan guru. Siswa termotivasi untuk belajar karena mereka dapat menunjukkan partisipasi aktif dan seraangat belajar mereka tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Jadi dengan menggunakan model pembelajaran LSQ dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VIII2 SMPN 5 Lembang Jaya. Penulis berharap ada penelitian lanjutan dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran LSQ pada pokok bahasan yang lain sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa ke arah yang lebih sempurna.

Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar IPS, LSQ, Siswa kelas VIII₂ SMPN 5 Lembang Jaya

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:20
Last Modified: 21 Nov 2024 05:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item