Ma'futhzah, Bonita (2018) Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Solok, hal ini diduga penyebabnya masih kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dan kurangnya rasa saling menghargai antar sesama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 4 kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik perhitungan Solvin dari siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Solok yang berjumlah 108 orang. Teknik yang digunakan dalam analisis data dalam penelitian adalah dengan Teknik Analisis Regresi Linear Sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Solok. Dimana diperoleh nilai thitung 1,875, sedangkan nilai tabet dapat dicari dengan menggunakan tabel t maka diperoleh nilai tabel = 1,66320. Ternyata : thitung 1,875 > 1,66320 maka Ho, ditolak dengan taraf signifikan a = 5%.
Berdasarkan analis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Solok. Saran dalam penelitian ini yaitu agar sekolah dapat memberikan arahan tentang sikap belajar serta mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Sikap belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 05:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 05:20 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/845 |
Actions (login required)
View Item |