Peranan Inspektorat Daerah Dalam Pengawasan Pelayanan Publik di Kabupaten Sijunjung

Badri, Irsyadul (2018) Peranan Inspektorat Daerah Dalam Pengawasan Pelayanan Publik di Kabupaten Sijunjung. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan publik yang baik merupakan salah satu bentuk wujud dari keberhasilan pelaksanaan pemerintahan yang baik, apabila pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah daerah baik atau berkualitas, maka pelaksanaan pemerintahan daerah dapat dikatakan berhasil. Pemerintah daerah dapat dilihat dari dua sisi pandang, yang pertama pemerintah daerah sebagai multi proses dari berbagai kegiatan rangka memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat, yang kedua pemerintah daerah dapat dilihat dari segi organisasi sebagai wadah untuk melakukan kerja sama dalam rangka pencapaian tujuan ditetapkan sebelumnya. Kantor Inspektorat di Kabupaten Sijunjung yang memiliki fungsi dalam melakukan pengawasan kinerja pemerintahan daerah. Dimana salah satu misi yang ingin dicapai adalah dengan mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan daerah. Namun permasalahan yang terjadi bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan khususnya pelayanan publik belum dilakukan secara efektif dan masih terabaikan, Permasalahan yang akan diteliti adalah (1) Bagaimana peranan Inspektorat Daerah Kabupaten Sijunjung dalam pengawasan pelayanan publik. (2) Apa saja kendala dalam pengawasan pelayanan publik di Inspektorat Daerah Kabupaten Sijunjung. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan 2 (dua) dari rumusan masalah, pertama, Peran Inspektorat Daerah Kabupaten Sijunjung Dalam pengawasan Pelayanan yaitu menyelenggarakan program pengawasan, perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan dan melakukan pemeriksaan, pengujian dan penilaian atas kinerja Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah serta Usaha Daerah lainnya yang terkait dengan pelayanan publik. Dengan melaksanakan tugas dalam Bentuk dan Upaya yaitu: (a) Bentuk pengawasan pelayanan publik yaitu: pemeriksaan, Monitoring, Evaluasi, Klarifikasi dan pengaduan masyarakat. (b) Upaya pengawasan pelayanan Publik yaitu: membuka klinik pengawasan, menjadi narasunber, pembinaan secara berkala pada pemeriksaan rutin dan monitoring pelaksanaan pelayanan publik Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi pengawasan pelayanan publik di Inspetorat Daerah Kabupaten Sijunjung, mengalami 2 (dua) faktor kendala yaitu: Keterbatasan Anggaran dan Sumber Daya Manusia seperti: kurangnya auditor yang berseftifikat serta permasalahan dari personil diantaranya yaitu: kurangnya kedispilinan pegawai dan kurangnya pengawasan melekat dari atasan terhadap bawahan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:18
Last Modified: 21 Nov 2024 05:18
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item