Studi Penerapan Metode Permainan yang Dikolaborasikan dengan Model STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok

Surya Ningsih, Neneng (2017) Studi Penerapan Metode Permainan yang Dikolaborasikan dengan Model STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika, pembelajaran matematika hanya terpusat pada guru, jika ada tugas atau latihan, siswa memilih untuk mencontoh atau menyalin jawaban temannya serta rendahnya hasil belajar matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode permainan yang dikolaborasikan dengan model STAD. Dalam hal ini diharapkan penerapan metode permainan yang dikolaborasikan dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok, dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling dan sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII, sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 orang dan kelas VIII, sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 orang Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes akhir belajar berupa soal uraian 8 butir soal. Analisis data hasil belajar siswa diperoleh = 2,08 dan dari daftar normal baku diperoleh teated 1,679 dengan a= 0,05. Maka didapat >tabel, maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menerapkan STAD yang dikolaborasikan dengan metode permainan lebih baik daripada model STAD tanpa metode permainan dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 3 Kota Solok

Kata kunci: STAD, Metode Permainan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:41
Last Modified: 21 Nov 2024 04:41
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item