Studi Penerapan Pendekatan Joyful Learning disertai Domino Game terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 7 Sijunjung

Adita, Wiwin (2017) Studi Penerapan Pendekatan Joyful Learning disertai Domino Game terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 7 Sijunjung. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Sijunjung Tahun Pelajaran 2016/2017 masih belum memuaskan, ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75 dengan persentase siswa yang tidak tuntas lebih dari adalah 70%. Dari hasil wawancara di SMPN 7 Sijunjung diperoleh informasi bahwa pembelajaran masih didominasi guru, siswa cenderung diam, kurang berpartisipasi aktif dan kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan joyful learning disertai domino game lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan joyful learning tanpa disertai domino game di kelas VII SMPN 7 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Cara pengampilan sampel dilakukan dengan teknik claster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persamaan dua rata-rata yakni uji z. Dari perhitungan diperoleh Zhitung = 2,13 dan Ztabel 1,67 ini menunjukkan bahwa Zhitung Ztabel hipotesis H₁ diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pendekatan joyful learning disertai domino game lebih baik daripada pendekatan joyful learning tanpa disertai domino game.

Kata kunci: Joyful Learning, Domino Game, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:41
Last Modified: 21 Nov 2024 04:41
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item