Studi Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang

Ilham Zuhuri, Randi (2017) Studi Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2017/2018 masih belum memuaskan, ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75 dengan persentase siswa yang tidak tuntas lebih dari adalah 70%. Dari hasil wawancara di SMP Negeri 2 Gunung Talang diperoleh informasi bahwa pembelajaran masih didominasi guru, siswa cenderung diam, kurang berpartisipasi aktif dan kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar matematika siswa selama menggunakan pembelajaran Cooperative tipe TPS dan hasil belajar Matematika siswa menggunakan pembelajaran Cooperative tipe TPS lebih baik daripada pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Cara pengampilan sampel dilakukan dengan teknik claster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persamaan dua rata-rata yakni uji z. Dari perhitungan diperoleh Ztatung = 6,4 dan Zabel 1,67 ini menunjukkan bahwa Zhitung Ztabel hipotesis H₁ diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative tipe think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang

Kata kunci: Cooperative, Think Pair Share, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:41
Last Modified: 21 Nov 2024 04:41
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item