Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Konstruktivisme pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMPN 2 Kubung

Farida, Helmi (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Konstruktivisme pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMPN 2 Kubung. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu keterbatasan buku penunjang, peserta didik belum pernah menggunakan LKPD, peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang disajikan dalam buku pokok kurikulum 2013 dan peserta didik masih pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis konstruktivisme pada materi aritmatika sosial yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan validasi oleh 3 orang validator yang berpengalaman pada bidangnya dan pengisian angket respons pendidik dan peserta didik. Selanjutnya uji coba dilakukan pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Kubung Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Validitas LKPD yang dihasilkan baik dari aspek isi/materi, penyajian maupun bahasa mencapai kriteria sangat valid dengan rata-rata nilai 81,33% serta praktikalitas oleh pendidik dengan nilai 82,1% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas peserta didik 87,33% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah menghasilkan LKPD pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan pembelajaran konstruktivisme untuk SMP kelas VII yang sangat valid dan sangat praktis.

Kata Kunci: Aritmatika Sosial, Konstruktivisme, LKPD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:41
Last Modified: 21 Nov 2024 04:41
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item