Korelasi Persepsi Siswa tentang Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Kubung

Annisa, Dwi (2017) Korelasi Persepsi Siswa tentang Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Kubung. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa yang memiliki persepsi positif atau baik mata pelajaran Matematika maka ia akan memiliki motivasi belajar yang baik akan tetapi apabila siswa memiliki persepsi yang negatif atau buruk tentang suatu pembelajaran matematika maka ia akan memiliki motivasi yang buruk. Ini membuktikan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan Kurikulum 2013 sangat berpengaruh terhadap pencapaian keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui Korelasi persepsi siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Kubung tentang pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data penyebaran angket atau kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok Tahun pelajaran 2016/2017 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh berjumlah 82 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat korelasinya korelasi persepsi siswa tentang kurikulum 2013 masih sangat kuat positif dalam pembelajaran matematika yaitu sebesar 0,822 dan kontribusi korelasinya terhadap hasil belajar sebesar 67,5%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara korelasi persepsi siswa tentang kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas XIPA di SMA Negeri 1 Kubung Untuk itu penulis menyarankan untuk lebih meningkatkan persepsi dan motivasi siswa terhadap kurikulum 2013 diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan dapat memanfatkan media-media pembelajaran yang bervariasi

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kurikulum 2013, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:55
Last Modified: 21 Nov 2024 04:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item