Studi Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik pada Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMKN 3 Kota Solok

Hikmah, Zusi (2017) Studi Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik pada Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMKN 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran matematika di sekolah cenderung didominasi oleh pendidik dan cara belajar peserta didik yang kurang efektif, mengakibatkan peserta didik kurang termotivasi dalam belajar matematika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan LKPD pada model pembelajaran quantum earning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan LKPD pada model peinbelajaran quantum learning lebih baik daripada tanpa menggunakan LKPD pada model pembelajaran quantum learning pada kelas X SMKN 3 kota Solok. Jenis penelitian ini adaiah eksperimen kuasi dengan menggunakan desain Randomized Control Group Oniy Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKN 3 kota Solok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Cara pengampilan sampel dilakukan dengan teknik claster random sampling. Sampe! dalam penelitian ini adalah kelas X TBO 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang dan kelas X TBO 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persamaan dua rata-rata yakni uji z Dari perhitungan diperoleh. Zhitung = 4,15 dan Zabel 1,67 ini menunjukkan bahwa Zhitung Zebel hipotesis H₁ diterima pada tingkai kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan LKPD pada model pembelajaran quantum learning lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran quantum learning tanpa LKPD.

Kata kunci: LKPD, Quantum Learning. Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:55
Last Modified: 21 Nov 2024 04:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item