Studi Penggunaan LKPD pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Bukit Sundi

Rahmi, Yulia (2017) Studi Penggunaan LKPD pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Bukit Sundi. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menggunakan LKPD pada pembelajaran kooperatif tipe Learning Together lebih baik daripada menggunakan LKPD pada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bukit Sundi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menerapkan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Bukit Sundi pada tahun pelajaran 2017/2018. Cara pengampilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 24 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persamaan dua rata-rata yakni uji t. Dari perhitungan diperoleh thitung 1,41 dan tabel 1,684 ini menunjukkan bahwa thitung label maka hipotesis Ho diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakar. LKPD pada pembelajaran kooperatif tipe Learning Together sama dengan menggunakan LKPD pada pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Learning Together, Pemahaman Konsep Matematika, LKPD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:55
Last Modified: 21 Nov 2024 04:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item