Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Team Assisted Individualization pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Solok

Arvianti, Yola (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Team Assisted Individualization pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu keterbatasan buku penunjang, peserta didik masih belum sepenuhnya memahami buku panduan di sekolah, proses pembelajaran bersifat monoton dan rendahnya pemahaman materi oleh peserta didik tentang bilangan bulat khususnya pada operasi yang melibatkan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Team Assisted Individualization pada materi bilangan bulat yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model Plomp. Model ini terdiri atas 3 tahap, yaitu Preliminary Research, Development or Prototyping Phase and Assessment Phase. Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa sedangkan uji praktikalitas dilakukan dengan pengisian angket respon pendidik dan peserta didik. Uji efektifitas dilakukan dengan cara melihat nilai tes hasıl belajar peserta didik. Selanjutnya uji coba dilakukan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kota Solok. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik yang dihasilkan baik dari aspek isi/materi, penyajian maupun bahasa mencapai kriteria sangat valid dengan rata-rata nilai 84,49% serta praktikalitas oleh pendidik dengan nilai 91,48% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas peserta didik 95,74% dengan kriteria sangat praktis dan efektifitas dari tes hasil belajar peserta didik dengan nilai 85,18% dengan kriteria sangat efektif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Team Assisted Individualization pada materi bilangan bulat untuk SMP kelas VII yang valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Lembar Kegiatan Peserta Didik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:32
Last Modified: 22 Nov 2024 03:32
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item