Huryani Rizka, Fena (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya buku paket yang ada di sekolah, serta materi di dalam buku paket yang cukup sulit untuk dipahami Peserta Didik, karena belum berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya. Sehingga Peserta Didik kesulitan dalam menemukan konsep secara mandiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education yang valid dan praktis. LKPD merupakan suatu bahan ajar yang dianggap cocok digunakan dalarn proses pembelajaran, karena berisi soal-soal dan contoh-contoh yang membantu Peserta Didik dalam memahami pelajaran. Pendekatan RME yang menekankan kepada kehidupan realistik atau nyata Peserta Didik juga akan menumbuhkan minat Peserta Didik untuk belajar dan menemukan konsep dari pelajaran itu secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 tahapan yaitu Preliminary Research, Design and Develop Protype, Evaluation. Tahapan Preliminary Research membahas tentang analisis. Tahapan Design and Develop Protype yaitu tahap merancang, mengembangkan, dan menguji cobakan LKPD. Tahapan Evaluation yaitu mengevaluasi produk yang telah dihasilkan. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang divalidasi oleh 4 orang validator sebelum diujicobakan. Instrumen yang digunakan adalah angket ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik, dan respon Peserta Didik. Selanjutnya uji coba dilakukan pada kelas VIII.2 SMPN 3 Kota Solok yaitu sebanyak 28 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, media, dan bahasa mencapai 84,23%,79,99%, dan 92,00%. Sedangkan hasil analisis angket respon pendidik dan Peserta Didik mencapai 89,25% dan 89,09%. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan LKPD yang valid dan praktis.
Kata Kunci: Pengembangan LKPD, RME, Relasi dan Fungsi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:43 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:43 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/690 |
Actions (login required)
View Item |