Yulanda, Reka (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning Bernuansa Islami pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPIT IQRA. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan buku penunjang, peserta didik belum pernah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasıs Contextual Teaching and Learning, peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang disajikan dalam buku paket kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis Contextual Teaching and Learning bernuansa islami pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model plomp. Model ini terdiri atas 3 tahap, yaitu analysis, design and development prototype, dan evaluation. Uji validasi LKPD dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan pengisian angket respons pendidik dan peserta didik untuk uji praktikalitas. Uji efektifitas LKPD diberikan tes kepada peserta didik. Selanjutnya uji coba dilakukan pada peserta didik kelas VII SMPIT IQRA Kota Solok. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Validitas LKPD Matematika yang dihasilkan baik dari aspek isi/materi, penyajian maupun bahasa mencapai kriteria sangat valid dengan rata-rata nilai 92,13% serta praktikalitas oleh pendidik dengan nilai 85,55%, praktikalitas peserta didik 81,12% dengan kriteria sangat praktis dan efektifitas dari hasil tes dengan rata-rata nilai kelas 78,94%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning bernuansa islami untuk SMPIT kelas VII yang sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.
Kata Kunci: LKPD, CTL Bernuansa Islami, Aritmatika Sosial
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:40 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:40 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/689 |
Actions (login required)
View Item |